Vespa


Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Itali. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia.
Vespa sekuter adalah simbol dari segala yang romantis dan kebebasan gaya hidup kontinental, simbol maya dari Italia. dan sebuah gaya hidup yang berhubungan dengan jiwa muda dan petualangan.
Di banyak bagian dunia, Vespa juga adalah kuda kerja, kehadirannya di kota-kota di eropa dan asia – deru mesin sekuter ini masih terdengar sepanjang jalan kecil kuno sampai jalan besar. dengan lebih dari 15 juta terjual dalam setengah abad produksi, Model-model Vespa adalah "best-selling motor" sepanjang masa jauh meninggalkan motor lain.

Untuk orang-orang Italia, Vespa sekuter punya arti lebih luas, simbol dari kebangkitan kembali negara mereka sebagai kekuatan industri utama yang berantakan karena perang dunia II. Ini menunjukkan bagaimana masalah ekonomi yg kompleks dapat dikurangi dengan kesederhanaan yang elegan dari sebuah motor sekuter. Dan desain-desain Vespa dihidangkan untuk medemonstrasikan sentuhan Italia pada gaya dan inovasi.

Dari akarnya yang menyediakan transportasi dasar dan permulaan dari masyarakat Italia yang bertahan hidup akibat perang dunia II, sampai peranannya sebagai trend-setter dunia fashion yang bergejolak 1960 an, Vespa tetap mempertahankan desain dasarnya dan fungsi keseluruhannya. Gaya dan budayanya disesuaikan dengan pas untuk anak muda masa kini, yang menghormati keanggunan "retro" dan era pasca-industri. Sekuter-sekuter tua diparkir di garasi dan basement, diperbaiki, dihidupkan kembali, dan dikendarai oleh generasi baru.

Piaggio, perusahaan yang membangun dan produksi Vespa sekuter, memiliki sejarah lebih dari satu abad, didirikan di genoa oleh Rinaldo Piaggio tahun 1884 sebagai Societa Anonima Piaggio. Semula didirikan untuk memproduksi mesin kayu, Kemudian segera terlibat dalam membangun gerbong kereta api pada masa booming industri kereta.
Kemudian, perusahaan membangun kendaraan komersial, mobil, dan perahu boat. Selama perang dunia pertama, Piaggio mulai ambil bagian dalam industri penerbangan dengan membuat part pesawat udara pada tahun 1914, dan tahun berikutya, memproduksi pesawat udara.
Inovasi Piaggio dengan cepat berkembang saat mereka melakukan penemuan mutakhir pada saat itu seperti Kabin Bertekanan dan Landing Gear yg bisa ditarik masuk. Mesin pesawat yang dirancang oleh Piaggio membukukan 20 record dunia sepanjang 1920 an.

Tahun 1938, Rinaldo Piaggio meninggal, meninggalkan dua pabrik di Tuscany kepada Enrico Piaggio, 33, dan adik laki-lakinya, Armando, 31. Ketepatan waktu pengambilalihan usaha dari ayah mereka sangatlah buruk. Sebagai diktator fasis Benito Mussolini telah mengokohkan kekuatannya di italia dan digunakan untuk mendukung bagian penaklukan dunia bersama pemimpin nazi Jerman, Adolph Hitler.

Sepanjang perang, pabrik membuat pesawat udara untuk kepentingan Axis (Jerman,Italia,Jepang), mengembangkan beberapa jenis pesawat fighter dan satu - satunya pembuat bomber berat di itali. Sudah sewajarnya, pabrik Piaggio menjadi sasaran utama serangan bom Sekutu. Mereka dibom dan dibom lagi, dan saat perang berakhir, pabrik tergeletak dalam reruntuhan, dan lebih dari 10,000 karyawan Piaggio menganggur. akan tetapi, hampir seluruh italia berantakan, semua industrinya dibom dan dihancurkan, Rakyatnya terpuruk dalam kemiskinan dan mengalami penurunan moral. Di dalam syarat-syarat persetujuan damai dengan sekutu , piaggio dilarang dari menmproduksi pesawat udara, yang menyisakan Enrico Piaggio. Lalu ia mengambil melalui urusan, mempertimbangkan produk baru, membangun kembali pabrik untuk memproduksinya.

0 komentar:


 

Original Blogger Template | Modified by Blogger-Whore | Distributed by eBlog Templates